• home
Home » » Cara Merawat Wajah: Cara Membuat Masker Jeruk Nipis Untuk Merawat Kulit Wajah Yang Kasar

Cara Merawat Wajah: Cara Membuat Masker Jeruk Nipis Untuk Merawat Kulit Wajah Yang Kasar

Cara merawat wajah - Cara Membuat Masker Jeruk Nipis Untuk Merawat Kulit Wajah Yang Kasar - Jeruk nipis adalah salah satu bahan yang sudah sejak lama dikenal memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, namun tidak hanya sebatas dalam dunia kesehatan, jeruk nipis juga bermanfaat dalam dunia kecantikan dan terutama dalam merawat kulit wajah yang kasar, kali ini blog merawat wajah akan membahas mengenai cara menggunakan jeruk nipis dengan cara menjadikannya sebagai masker untuk mengatasi kulit wajah yang kasar. Selain itu kami akan menjelaskan apa saja kandungan jeruk nipis dan manfaat apa saja yang dapat diberikan oleh jeruk nipis untuk kulit.

Kandungan jeruk nipis
Secara umum, buah jeruk kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Dalam kandungan 100 g jeruk nipis, terdapat kalori 51 kal, protein 0,9 g, lemak 0,2 g, karbohidrat 11,4 g, mineral 0,5 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0,4 mg dan asam askorbat 49 mg.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Sedangkan daun, buah dan bunganya mengandung minyak terbang.

kandungan citric acid dalam jeruk nipis jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk lainnya. Citric acid adalah zat yang berperan sebagai desinfektan yang mampu mengusir bakteri penyebab jerawat. Selain itu, citric acid juga bermanfaat sebagai whitening agent yang mencerahkan kulit dan selain itu citric acid memiliki kegunaan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit akan cepat mengalami regenerasi kembali dan karena manfaat inilah jeruk nipis dapat digunakan untuk mengatasi kulit yang kasar.

Manfaat masker jeruk nipis untuk kulit dan cara menggunakan
Selain manfaat jeruk nipis yang dapat menghaluskan kulit wajah yang kasar, jeruk nipis juga memiliki beberapa manfaat lainya yang wajib anda ketahui:
1. Mencerahkan kulit
Ingin kulit cerah dengan cara yang alami? Pakai saja masker dan lulur dari jeruk nipis. Anda bisa membuat campuran dari yogurt dan air perasan jeruk nipis. Oleskan ke seluruh tubuh. Lakukan pijatan ringan dengan gerakan melingkar agar nutrisi dalam lulur bisa diserap oleh kulit. Setelah itu bersihkan tubuh dengan mandi seperti biasa. Lulur ini juga cocok untuk merawat kulit yang terbakar setelah terpapar sinar matahari.

2. Mempercantik kulit
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dari sel-sel tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari jeruk nipis, minumlah air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air secara rutin. Anda akan mendapatkan kulit yang cantik dan awet muda.

3. Mengatasi jerawat
Buah-buahan yang mengandung asam tinggi seperti lemon dan jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat, sebab sifat asam dalam buah-buahan tersebut mirip dengan pH alami kulit manusia, sehingga bisa menangkal bakteri dan kuman yang menjadi penyebab jerawat.

Untuk mengatasi jerawat yang membandel, Anda bisa membuat masker dari jeruk nipis. Caranya buat campuran masker dari air perasan jeruk nipis dan madu. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih. Pakailah masker ini setidaknya seminggu sekali agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menyamarkan kantung mata
Kantung mata adalah masalah kulit yang seringkali mengganggu penampilan. Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Anda tinggal mencelupkan cotton buds ke dalam air perasan jeruk nipis, kemudian oleskan ke kantung mata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan kembali wajah.

Cara membuat masker dari jeruk nipis
Untuk membuat masker dengan menggunakan jeruk nipis anda dapat menambahkan beberapa bahan alami lainya yang juga dipercata dapat menyehatkan kulit wajah anda.

Jeruk nipis dan kunyit
Kunyit telah bertahun-tahun menjadi ramuan yang dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah serta aromanya wangi. Para putri Keraton jaman dulu, memanfaatkan kunyit sebagai lulur untuk merawat kecantikan kulitnya.

Dipadukan dengan jeruk nipis, tentunya ramuan ini dapat lebih ampuh mencerahkan serta memutihkan kulit.

Bahan yang harus disiapkan:

1 sdm bubuk kunyit
1 sdm susu bubuk
100 ml air perasan jeruk nipis

Caranya:

Campurkan semua bahan, kemudian aplikasikan pada wajah secara merata sampai ke leher.
Biarkan kering sekitar 20 menit.
Setelah itu, bersihkan dengan air hangat. Dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air dingin.

Jeruk nipis dan tomat
Kalau Anda tahu kunyit dapat mencerahkan kulit, tomat juga ternyata punya khasiat vitamin C yang baik untuk kulit. Selain itu, kabarnya tomat dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Bahan yang harus disiapkan:

1 buah tomat buah, hancurkan
1 sdm bubuk kunyit

Caranya:

Campurkan dan aduk bahan hingga merata.
Aplikasikan pada wajah sebagai masker sambil dimassage perlahan. Biarkan hingga kering.
Bilas dengan air dingin. Dan dapat diakhiri dengan toner dari mentimun agar lebih segar.

Jeruk nipis dengan oatmeal
Oatmeal dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadi bahan peeling yang efektif. Sedangkan jeruk nipis dapat membantu mencerahkan dengan kandungan antioksidan dan vitamin C-nya. Membuat kulit menjadi lebih segar, dingin serta kencang.

Bahan yang harus disiapkan:

2 sdm oatmeal
100 ml air jeruk nipis

Caranya:

Campur semua bahan menjadi satu, aduk hingga merata.
Pulaskan di wajah, kemudian setelah setengah kering massage dengan gerakan melingkar.
Pulaskan lagi dengan bahan yang masih tersisa, diamkan selama 20 menit.

Bilas dan keringkan wajah dengan menggunakan handuk, dengan cara menepuk-nepuk.

0 comments:

Post a Comment

cara merawat wajah