• home
Home » » Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Masker Mangga

Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Masker Mangga

Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Masker Mangga - Mangga adalah salah satu tanaman yang tumbuh di daerah tropis dan buah ini juga di gemari seluruh dunia, karena mangga mempunyai rasa has juga mempunyai tektur yang unik, juga mempunyai vitamin C yang sangat besar.  
Kandungan Buah Manga

Buah mangga mengandung sejumlah unsur gizi seperti protein, vitamin, mineral dan lainnya yang dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Tentu saja manfaat tersebut akan kita dapatkan bila buah mangga ini dikonsumsi secara teratur baik dalam keadaan mentah ataupun matang. Tabel dibawah menunjukkan nilai kandungan setiap unsur gizi dalam buah mangga baik mentah maupun matang.

Kandungan zat
Nilai rata-rata buah mangga
Mentah
Matang
Air (%)
90.00
86.00
Protein (%)
0.70
0.60
Gula total(%)
8.80
11.80
Lemak (%)
0.10
0.10
Serat
-
1.10
Mineral
0.40
0.30
   Kapur (%)
0.03
0.01
   Fosfor (%)
0.02
0.02
   Besi ( mg/gram)
4.50
0.30
Vitamin A (mg/100g)
150 U.I
4800 U.I
Vitamin B1 (mg/100 g)
-
0.04
Vitamin B2 ( mg/100g)
0.03
0.05
Vitamin C (mg/100 g)
3.00
13.00
Asam nicotinat ( mg/100 g)
-
0.30
Nilai Kalori per 100 g
39
50-60
Sumber: Laroussilhe, LE MANGUER, 1960
  

kita sudah menggetahui kandungan mangga yang ter tera di atas sangat besar bukan kandungan buah mangga,buah mangga tidak hanya untuk keshatan aja ter nyata ber manfaat juga untuk kencantikan kulit wajah.mari kita ketahui manfaat buah mangga untuk kencantikan mari kita lihat tips alami merawat kulit wajah buah manga

Manfaat buah mangga untuk kulit

1. Scrub mangga 

Cara membuat scrub mangga sangat mudah. Anda dapat mencampurkan mangga dengan 1 sdm susu bubuk, 1sdt madu, lalu aduk hingga halus. Setelah itu, Anda dapat oleskan pada wajah dan gunakan sebagai scrub sambil dipijat kecil dengan cara melingkar. Cara ini bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan komedo hitam. Kemudian Anda dapat diamkan hingga 10 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air dingin.


2. Pembersih wajah mangga

Mangga juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah. Caranya, Potong daging mangga secukupnya kemudian campurkan dengan 1sdt tepung terigu dan hancurkan hingga halus dan rata. Setelah halus, Anda bisa gunakan sebagai cleanser.


3. Asrtingent mangga

Untuk menambah kesegaran wajah Anda, dapat gunakan astringent mangga. Caranya, hancurkan mangga hingga halus kemudian campur dengan sedikit air. Sebelum Anda oleskan pada wajah, baiknya bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan kapas. Selain berfungsi sebagai penyegar, astringent juga berfungsi sebagai obat jerawat.


4. Mangga untuk kulit sensitif

Jika Anda memiliki kulit yang sensitive, Anda dapat gunakan mangga dengan dicampur oatmeal, kemudian campurkan dengan madu dan aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu Anda dapat oleskan pada wajah, dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, kemudian angkat masker tersebu 


Berikut ini adalah  macam-macam masker mangga

1. Masker kulit Mangga
Jika Anda selese makan mangga, sebaiknya kulitnya jangan Anda buang. Kulit mangga juga memiliki manfaat yang tak orang banyak tahu, diantaranya yaitu dapat memberikan kelembaban pada kulit serta mendinginkan kulit yang telah tersengat oleh panasmya sinar matahari. Caranya tidak beda jauh dengan tadi. Anda cukup mengompres wajah yang tersengat matahari, kemudian diamkan beberapa menit. Lalu Anda dapat membilasnya dengan air bersih.


2. Masker mangga dan madu

Campurkan empat sendok makan mangga yang sudah dipotong kecil-kecil dengan 1 atau 2 sendok makan madu dan 1 1/2 sendok makan olive oil. Gunakan sebagai masker selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Masker ini tidak hanya akan memberikan kelembaban dan membuat wajahmu terlihat segar, tetapi juga membersihkan wajah dari berbagai kotoran di pori-pori yang bisa mengakibatkan jerawat.

3. Masker lumpur mangga

Haluskan seperempat mangga menggunakan blender atau food processor. Tapi hati-hati, jangan terlalu halus. Tambahkan 1/4 cangkir susu dan 1 seondok makan madu. Lalu tambahkan bubuk lumpur atau oat halus untuk mengentalkan. Kamu bisa membeli bubuk lumpur di berbagai toko yang menjual bahan alami untuk perawatan kulit. Aduk hingga rata lalu gunakan di wajah dan leher selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat.

4. Masker AHA

AHA sering ditemukan di dalam buah-buahan. Jenis asam ini sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah, dan pada buah mangga, AHA banyak ditemukan di kulitnya. Cuci bersih buah mangga dan kupas hati-hati. Kamu bebas menggunakan daging mangga sesukamu, tapi simpan kulitnya. Untuk masker ini, kamu hanya perlu mengusapkan bagian dalam kulit mangga ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan cleanser seperti biasa. Jangan lupa gunakan sunblock sebelum keluar rumah karena asam alami dari buah bisa membuat kulit lebih rentan pada efek buruk sinar matahari.



1 comments:

  1. Masker buah memang memiliki banyak manfaat, salah satunya mangga sebagai salah satu alternatif yang baik...sekilas info saja semoga juga bermanfaat Masker buah untuk memutihkan ketiak

    ReplyDelete

cara merawat wajah