• home
Home » » Cara Merawat Wajah: Tips Cara Merawat Kulit Dengan Buah Dan Daun Sirsak

Cara Merawat Wajah: Tips Cara Merawat Kulit Dengan Buah Dan Daun Sirsak

Cara Merawat Wajah: Tips Cara Merawat Kulit Dengan Buah Dan Daun Sirsak - Sirsak merupakan tanaman yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasa buahnya yang terkenal lezat, ternyata  juga banyak manfaat daun sirsak untuk kecantikan dan pengobatan. Manfaat tanaman sirsak memang sangat beragam. Tanaman sirsak menawarkan berbagai manfaat positif bagi kesehatan manusia, mulai dari buah, daun, dan bahkan pohonnya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Daun sirsak bisa digunakan untuk bahan jamu, dan juga untuk menjaga kondisi tubuh. Segala macam manfaat yang terkandung dalam sirsak ini berasal dari senyawa muricapentocin, annomuricin , asam linoleat, anomurine, acetogenins, annocatacin, annonacin, caclourine, asam gentisic, gigantetronin, annohexocin, acetogenins, annocatalin, anonol. Kandungan yang terdapat  di dalam sirsak ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, selain bisa menyembuhkan penyakit juga sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai penambah sistem kekebalan tubuh.

Sirsak, yang berasal dari daerah Karibia tengah, Amerika selatan, pertama kali dikenal oleh bangsa Indonesia pada zaman pemerintahan kolonial Belanda. Saat itu bangsa Belanda yang sedang membentuk pemerintahan kolonial di Indonesia mulai membudidayakan tanaman ini, yang memang dapat tumbuh dengan mudah di daerah dengan iklim tropis. Mulai saat itu pemanfaatan tanaman sirsak pun digunakan bukan hanya buahnya yang bercita rasa lezat saja, tetapi juga daun dan pohonnya dimanfaatkan untuk berbagai macam bahan untuk kesehatan dan kecantikan. Penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak bermanfaat untuk mengatasi penyakit-penyakit berbahaya seperti menghambat penyebaran sel kanker, meregenerasi sel mati dan menyembuhkan asam urat.

Kandungan Buah Sirsak

Kandungan Vitamin Dan Mineral Dalam Buah Sirsak
Pada 100 gram buah sirsak terdapat berbagai jenis zat alami yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

65 kkal kalori
Kalori dalam buah sirsak berguna untuk menghasilkan energi tubuh yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

1 gram protein
Bila tubuh manusia kekurangan asupan protein, salah satu efek samping yang ditimbulkan adalah masalah kerontokan rambut.

14 miligram kalsium
Manfaat buah sirsak yang terdapat dalam kandungan kalsium berguna untuk menstabilkan berbagai fungsi tubuh seperti detak jantung.

16,3 gram hidrat arang
Disebut juga karbohidrat dan memiliki manfaat untuk memberi rasa kenyang pada tubuh serta menghasilkan tenaga.

27 miligram fosfor
Khasiat buah sirsak untuk ibu hamil yaitu membantu proses pembentukan gigi dan tulang bayi yang dikandung.

0,3 gram lemak
Kandungan lemak dalam buah sirsak yang sedikit sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

0,6 miligram zat besi
Adanya zat besi dalam buah sirsak akan menjaga kualitas sel darah serta mencerahkan warna kulit wajah maupun kulit tubuh.

10 miligram vitamin A
Seperti halnya kandungan dalam wortel, vitamin A pada buah sirsak juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata.

0,07 miligram vitamin B
Vitamin B dalam buah sirsak akan mengatur proses metabolisme lemak, protein serta karbohidrat dalam tubuh.

20 miligram vitamin C
Selain berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, vitamin C bermanfaat dalam membentuk sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Kegunaan Buah Dan daun Sirsak

1. Bagi Anda penderita jerawat, daun sirsak mempunyai khasiat penghilang jerawat, menyamarkan flek-flek hitam di wajah dan juga menghilangkan komedo. Cara pemakaiannya adalah cukup tumbuk daun sirsak sebanyak kurang lebih 6 lembar daun sirsak dan campurkan dengan air mawar setelah itu oleskan di sekitar wajah secukupnya sebagai masker untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah.
2. Selain bisa dijadikan masker untuk wajah, daun sirsak juga bisa direbus dan langsung diminum air rebusannya, air rebusan daun sirsak dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah dan membuat wajah terlihat lebih segar.

1. Buahnya memiliki kandungan vitamin C dan memiliki zat anti-oksidan yang sangat baik untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Maka minumlah jus buah sirsak secara teratur, agar Anda terlihat awet muda.
2. Di dalam 100 gram buah sirsak terkandung berbagai jenis zat alami yang memiliki manfaat bagi kecantikan yaitu terdapat :

Pertama : 1 gram protein; bila tubuh kita kekurangan asupan protein, salah satu efek yang timbul adalah masalah kerontokan rambut.

Kedua : 0,6 miligram zat besi, zat besi dalam buah sirsak akan menjaga kualitas sel darah serta mencerahkan warna kulit wajah maupun kulit tubuh.
Tentu memanfaatkan daun dan buahnya sangat besar bagi perawatan dan pemeliharaan baik kesehatan dan kecantikan kita. Bagaimana Anda tertarik untuk mencoba dan memanfaatkan khasiat kekayaan alam ini ?

3. Mengatasi kutu
Siapa sangka kalau daun sirsak juga bisa berfungsi sebagai obat anti-kutu rambut? Untuk mengatasi kutu yang bersarang di rambut, gunakan daun sirsak yang sudah dilumatkan untuk creambath. Usapkan hingga merata di seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah itu bungkus kepala dengan handuk hangat dan diamkan selama 30 menit.

4. Mencegah rambut rontok 
Sirsak, dengan kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Rajin mengonsunsi buah sirsak akan menjadikan rambut lebih sehat dan kuat.
5. Mengurangi ketombe
Daun sirsak mengandung bahan yang bersifat anti-parasit. Jika dioleskan pada kulit kepala kandungan anti-parasit tadi akan membantu melawan ketombe beserta gejala yang ditimbulkan, termasuk kulit kepala gatal dan kering.

4 comments:

cara merawat wajah