• home
Home » » Cara Merawat Wajah: Merawat Wajah Dengan Masker Beras Dan Air Cucian Beras

Cara Merawat Wajah: Merawat Wajah Dengan Masker Beras Dan Air Cucian Beras

Cara Merawat Wajah: Merawat Wajah Dengan Masker Beras Dan Air Cucian Beras - Beras ternyata memiliki manfaat bukan hanya sebagai makanan pokok namun juga bisa digunakan untuk salah satu bahan masker yang mampu mempercantik dan memutihkan kulit wajah. Eits, tunggu dulu ladies.. ternyata nggak hanya kulit wajah lho yang bisa dioleskan masker beras, namun kulit tubuh juga bisa diolesi masker beras dan khasiatnya masker beras sama dengan masker beras yang dioleskan di wajah.
Memang ada beberapa buah yang memiliki manfaat sebagai masker untuk memutihkan wajah, namun masker beras masih belum dikenal banyak mampu juga sebagai bahan untuk memutihkan wajah. Jadi dalam posting kali ini admin akan share info dengan ladies mengenai fungsi dari masker beras itu sendiri untuk kecantikan wajah.
Memutihkan wajah sebenarnya bisa dengan menggunakan krim-krim atau dengan perawatan ke salon. Namun banyak diantara ladies yang kulitnya ternyata kurang cocok dengan krim-krim yang berbau bahan-bahan kimia. Masker yang terbuat dari bahan-bahan alami memang sebenarnya adalah masker yang baik karena minim dampak negative, asalkan pengolahan dan pembuata masker tersebut secara baik dan terjamin bersih.
Kali ini admin akan membagikan info-info mengenai langkah-langkah yang bisa ladies lakukan untuk membuat masker beras secara baik dan benar. adapun kandunga beras untuk kulit wajah sebagai berikut.

Kandungan Air Cucican Beras

Kandungan nutrisi apa yang terdapat pada air bekas cucian beras atau kulit ari beras itu sehingga menyebabkan airnya jadi keruh? Menurut penelitian kulit ari beras kaya akan kandungan serat dan mengandung vitamin B1, B3, B6,Posfor, Zat besi dan mangan. Kebanyakan orang membuang air bekas cucian beras. Tapi tahukah Anda bahwa dalam kandungan air yang sepintas tak berguna ini terkandung manfaat luar biasa bukan.

Manfaat Beras Dan air Cucian Beras 

Cara membuat masker untuk memutihkan wajah dari beras

Pertama kali rendamlah beras di dalam wadah dengan menggunakan air secukupnya, lakukan ini di sore hari dan kemudian biarkan tetap terendam semalaman. Selanjutnya keesokan harinya seharusnya beras ini sudah menjadi sedikit lunak, lanjutkan dengan menumbuk dan menghaluskannya, setelah selesai segera jemur dibawah sinar matahari sampai kering. Pastikan benar-benar kering dan setelah situ simpanlah dalam wadah khusus.
Cara pemakaian masker untuk memutihkan wajah dari beras
Tepung beras yang telah Kita buat tadi kita ambil sebanyak 2 sendok, kemudian campurkan 2 sendok makan madu asli dan aduk-aduklah hingga benar-benar rata dan berubah menjadi seperti pasta. Kalau mau disini juga bisa ditambahkan dengan sedikit minyak zaitun, sehingga cukup kental agar bisa dioleskan pada area wajah Kita. Oleskanlah pada seluruh bagian wajah dan juga leher, usahakan sedikit jauh dari area mata dan juga bibir. Untuk bagia-bagian yang sulit Kita bisa menggunakan bantuan kuas untu mengoleskan masker beras ini.Biarkan masker beras untuk memutihkan wajah ini sampai 20 atau 30 menit lamanya, baru setelah itu segera bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Setelah itu segera keringkan, hati-hati dalam mengeringkan ini, cukup ditepuk-tepuk dengan menggunakan handuk kering.

Kandungan selenium dalam beras merah merupakan elemen kelumit (trace element) yang merupakan bagian esensial dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator atau bahan yang bisa mempercepat terjadinya proses pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksin-peroksida. Kandungan selenium ini dipercaya bisa mencegah terjadinya proses penuaan dini.


1.
 Beras untuk Lulur Tubuh

Selain membuat kulit lebih bersih, lulur berbahan beras juga membantu pengelupasan sel kulit mati serta menggantinya dengan lapisan kulit baru yang lebih muda dan sehat.

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan tepung beras (atau beras yang sudah ditumbuk halus)
  • 3 ruas kunyit seukuran ibu jari
  • 2 ruas kencur seukuran ibu jari
Cara penggunaan:

  • Campur dan haluskan semua bahan tadi. Jika adonan terlalu pekat, tambahkan sedikit air hangat hingga adonan menyerupai pasta. Ramuan siap digunakan.
  • Bersihkan badan terlebih dahulu (mandi), lalu oleskan minyak zaitun di sekujur tubuh. Diamkan sejenak hingga meresap.
  • Lumurkan ramuan lulur ke sekujur tubuh. Biarkan hingga mengering, lalu gosok perlahan dengan gerakan memutar.
  • Bubuk lulur akan luruh membawa kotoran dan sel kulit mati dari tubuh.
  • Bilas tubuh dengan air hangat.
Catatan:

Agar kulit menjadi dingin, perawatan bisa dilanjutkan dengan melumurkan yoghurt plain (tanpa rasa) pada bagian tubuh yang diinginkan selama 15 menit. Bilas hingga bersih.
Ingin lebih rileks lagi? Berendamlah dengan air hangat yang dicampur dengan segenggam campuran bunga (mawar, melati, irisan daun pandan) dan beberapa tetes minyak esensial yang mengandung aroma terapi.
Jangan lupa untuk meminum segelas air putih sesudah menjalani perawatan, agar terhindar dari dehidrasi.
2. Beras untuk Pelembut Kulit Tangan

Bahan-bahan:
1/2 cup beras merah
( 1 cup setara dengan 150 gram)
1 cup air hangat
1/2 cup daging buah labu segar
1/2 sendok makan santan
( 1 sdm setara dengan 15 mL)

Cara penggunaan:

  • Letakkan beras merah ke dalam mangkuk. Tambahkan air hangat, aduk hingga semua butir beras terbasahi. Biarkan selama satu jam, lalu saring menggunakan kain penyaring.
  • Tuang air hasil penyaringan beras merah tadi ke dalam blender. Tambahkan daging buah labu segar dan santan. Nyalakan blender dengan kecepatan sedang selama sekitar 30 detik.
  • Oleskan campuran bahan ke seluruh bagian punggung dan telapak tangan, lalu tutupi dengan sarung tangan karet atau plastic wrap. Biarkan selama 15 menit.
  • Buka sarung tangan dan bersihkan tangan menggunakan air hangat.
Catatan:

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, gunakan ramuan setiap hari.
Sisa ramuan bisa disimpan selama 4 hari dalam wadah tertutup. Letakkan di dalam freezer. Keluarkan dan tunggu hingga adonan mencapai suhu ruangan sebelum digunakan.
3. Beras untuk Masker Antikerut
Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan tepung gandum
  • 100 mL air suling segar
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 1 sendok teh sari cuka apel
Cara penggunaan:

  • Masukkan tepung gandum ke dalam mangkuk, tambahkan air, aduk hingga tercampur rata. Didihkan, kemudian biarkan hingga dingin.
  • Setelah dingin, tambahkan tepung beras dan cuka apel. Aduk hingga berbentuk pasta. Ramuan siap digunakan sebagai masker di wajah.
  • Bersihkan wajah, lalu gunakan tutup kepala.
  • Oleskan ramuan pada wajah secara merata, kecuali area mata, mulut, dan hidung.
  • Berikan pijatan ringan sambil digosok-gosok perlahan.
  • Bilas dengan air dingin sampai sisa-sisa masker bersih.
  • Keringkan wajah dengan menggunakan handuk.
4. Beras untuk Bedak Dingin
Bedak dingin dari bahan beras ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan mencegah jerawat.
Bahan-bahan:

  • 1/4 liter tepung beras
  • 1 ons tepung pati bengkuang
  • 1/4 ons kayu manis
  • 1/4 ons kayu mesoyi
  • 1 sendok teh klabet
  • 1/4 ons kencur
  • 2 buah pinang
Cara penggunaan:

  • Ambil tepung beras, tambahkan tepung pati bengkuang, aduk hingga bercampur merata. Sisihkan.
  • Kayu manis, kayu mesoyi, dan klabet disangrai hingga berwarna kuning hitam.
  • Kencur diiris tipis-tipis, cuci, lalu jemur hingga kering.
  • Pinang dikupas, pecahkan, lalu ambil dagingnya, jemur hingga kering.
  • Semua bahan-bahan tadi dicampur, lalu tumbuk atau giling hingga menjadi tepung.
  • Tambahkan campuran ramuan tersebut dengan campuran tepung beras dan pati bengkuang. Aduk hingga bercampur sempurna. Campuran ramuan siap digunakan.
  • Ambil sebanyak 1 sendok teh, lalu usapkan secara merata pada wajah.
  • Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan dengan ramuan bedak dingin secara teratur.

Memper cantik kulit walah :

cara pertama:
Cara pertama ini termasuk cara mudah yakni dengan mencampur air dan beras. Beras yang dicampurkan dengan air adalah sebesar 1/4 kg. Kemudian aduk merata air dengan beras dan saring beras sehingga didapatkan air cucian saja. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali. Air yang disaring tersebut kemudian dimasukkan  dalam wadah. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka setiap saat sehingga didapatkan wajah yang bersih dan cantik. Jika disimpan di kulkas, air cucian beras yang disimpan dalam wadah tertutup  bisa bertahan sekitar satu minggu.
Cara kedua :
Cara yang kedua ini termasuk cara langsung yakni dengan memasukkan beras ke dalam kain katun atau wadah lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, tumbuk pelan beras dalam kain sehingga hancur. Beras dalam kain yang sudah hancur tadi masukkan ke dalam air hangat untuk diusapkan ke bagian wajah. Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

5 comments:

  1. kalau air cucian beras tidak disimpan dalam kulkas, harus berapa haru sekali diganti ya?

    ReplyDelete
  2. Saya jg lagi nyoba nih masker beras,,tapi berasnya aja,,,hasilnya lembut dan terasa kencang tapi kalo memutihkan belom berasa cz baru 2x nih trus ditambah perawatan dari dalam dengan konsumsi natur e

    ReplyDelete
  3. Tipsnya keren kkaa..
    Buatnya mudah, murah, dan bahannya ada disekitar kita.
    Yuk sempurnakan ramuan kita dengan menggunakan Beras Organik yang bebas dari zat kimiawi..
    Eh.., sudah pada tau belum..? Manfaat Beras Organik itu juga banyak loohh...

    ReplyDelete
  4. Air cucian beras ini juga bisa menghasilkan listrik, seperti di
    https://www.youtube.com/watch?v=2E6rgQp4Yqo

    ReplyDelete

cara merawat wajah