• home
Home » » Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Buah Mengkudu

Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Buah Mengkudu

Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Buah Mengkudu - Buah Mengkudu sangat sering kita jumpai, akan tetapi buah yang satu ini memang merupakan buah yang bisa kita makan sehari-hari, karena jika dimakan rasanya pun pahit. Dibalik pahitnya mengkudu terdapat khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Diantaranya adalah buah mengkudu sebagai berfungsi sebagai zat anti kanker yaitu terdapat kandungan Damnachanthal. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga banyak mengandung kadar Vitamin C yang cukup tinggi yaitu berfungsi sebagai kekebalan tubuh dan terhindar penyakit seperti flu atau pilek.Selain berfungsi sebagai obat berbagai macam penyakit, buah mengkudu juga dapat bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat buah mengkudu untuk kecantikan diantaranya adalah menghaluskan kulit dan buah mengkudu juga bermanfaat untuk melembabkan kulit. Nah seberapa khasiat dan manfaat buah mengkudu ini,

Kandungan mengkudu

Zat nutrisi: secara keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat. Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
Terpenoid. Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
Zat anti bakteri.Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.
Scolopetin. Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
Zat anti kanker. Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
Xeronine dan Proxeronine. Salah satu alkaloid penting yang terdapt di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif. kandungan mengkudu ternyata sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit wajah. inilah manfaat mengkudu untuk kecantikan:

Manfaat mengkudu untuk merawat kulit wajah

1. Dapat menghaluskan kulit
Memiliki kulit halus dan becahaya merupakan impian setiap orang, terutama pada kaum wanita yang selalu memperhatikan penampilannya. Untuk membuat kulit lebih halus dan bercahaya, anda dapat melakukan perawatan dengan buah mengkudu.
Caranya yaitu :
Pertama-tama bersihkan buah mengjudu, lalu olah buah mengkudu menjadi jus namun jagan terlalu halus. setelah itu, oleskan jus buah mengkudu pada kulit yang ingin anda haluskan sampai merata lalu diamkan beberapa saat sampai kering. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat. Cara ini juga dapat anda gunakan ke bagian kulit wajah atau keseluruh tubuh. lakukan perawatan ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Caranya relatif mudah dan cepat, hanya dengan jus buah mengkudu, jus mengkudu jangan terlalu lembut, akan tetapi jus yang masih kasar agar kita dapat membuat scrub untuk kulit. Oleskan scrub buah mengkudu kebagian kulit yang ingin dihaluskan gosok-gosok pelan dengan menggunakan kain bersih hingga rata, diamkan 15 menit dan setelah itu bilas dengan air.

2. Dapat menghilangkan jerawat
Buah mengkudu juga dapat bermanfat untuk mengatasi masalah jerawat, cara ini merupakan cara yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat karena mengandung zat-zat yang sangat ampuh dalam melawan bakteri-bakteri penyebab timbulnya jerawat. Melakukan perawatan kulit berjerawat dengan buah mengkudu dapat mematikan jerawat dalam waktu yang cukup singkat dan sekaligus mampu menghilangkan tanda-tanda bekas jerawat.
Caranya yaitu :
Siapkan buah mengkudu yang telah matang, kemudian olah menjadi jus sampai halus. setelah itu saring jus buah mengkudu dari air dan ampasnya. Setelah itu bersihkan kulit yang berjerawat dengan air hangat kemudian oleskan air yang telah disaring keseluruh kulit yang berjerawat lalu diamkan sampai kering sekitar 20 menit. Terakhir bersihkan dengan air hangat dan keringkan dengan handuk yang lembut. Lakukan perawatan ini sampai kulit bersih dari jerawat secara rutin dan teratur.
3. Dapat melembabkan kulit
Bagi yang memiliki masalah dengan kulit kering, buah manggu dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini. Di dalam buah manggu mengandung nutrisi yang sangat penting untuk kulit seperti vitamin A, C, dan vitamin E.
Cara menggunakan buah mengkudu untuk mengatasi masalah kulit kering yaitu :
Pertama-tama kita siapkan buah mengkudu secukupnya, setelah itu tumbuk sampai halus lalu oleskan keseluruh kulit wajah atau kulit yang kering. Diamkan beberapa lama, kemudian bersihkan dengan air hangat sampai kulit benar-benar bersih. Lakukan perawatan kulit ini sampai kulit terlihat lebih lembab dan halus.
Demikianlah cara merawat wajah dengan buah mengkudu, semoga bermafaat
   

2 comments:

  1. Buah-buahan memang paling banyak manfaatnya, cara merawat wajah yang tepat dengan memanfaatkan bahan alami secara langsung.

    ReplyDelete

cara merawat wajah