• home
Home » » Cara Merawat Wajah: tips Cara merawat kulit sensitif

Cara Merawat Wajah: tips Cara merawat kulit sensitif

Cara Merawat Wajah: tips Cara merawat kulit sensitif - Kulit sensitif memiliki reaksi cepat terhadap produk tertentu, bahan kimia, cuaca panas, atau kondisi lingkungan. Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan, sebab banyak produk perawatan wajah yang malah menimbulkan dampak negatif pada kulit sensitif. Biasanya, kulit akan terlihat memerah, berjerawat, bahkan mengalami iritasi. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman dan merusak penampilan. Meskipun demikian sobat jagan takut bila mepunyai kulit sensitif, saya akan sair cara merawat kulit sensitif tapi harus tau dulu apa penyebabnya.

Apa yang Menyebabkan Kulit Wajah menjadi Sensitif?

Penyebab kulit wajah menjadi sensitif berbeda-beda pada setiap orang, tapi umumnya terjadi pada wanita yang sering menggunakan perawatan peeling atau dengan metode pengelupasan kulit wajah. Wanita dengan riwayat alergi atau penyakit genetis/keturunan alergi kulit juga umumnya memiliki kulit wajah sensitif. Saya sarankan jangan gonta-ganti produk kecantikan karena akibatnya akan sangat fatal pada kulit wajah sensitif.

Orang dengan kulit sensitif harus ekstra hati-hati terhadap beberapa pemakaian parfum, paraben, pewarna bibir dan beberapa produk kosmetika lainnya. Kulit sensitif umumnya memiliki struktur kulit yang sangat tipis dan mudah teriritasi.

Meskipun kulit wajah sangat sensitif, Anda tetap dianjurkan membersihkan wajah sebelum beranjak tidur. Gunakan produk perawatan wajah yang mampu menyeimbangkan pH (potensial Hidrogen atau derajat keasaman kulit) yang memiliki fungsi membersihkan, melembabkan, dan sekaligus melindungi kulit wajah sensitif Anda. Saat melakukannya, Anda perlu berhati-hati, perlahan-lahan agar tidak membuat kulit tergores oelh kuku atau lainnya.

Merawat kulit wajah yang sensitif memang gampang-gampang susah. Namun Anda harus yakin bisa melakukannya demi kesehatan dan kesegaran kulit yang Anda miliki.



Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, ikuti tip berikut :

1. Jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung zat eksfoliasi. Jika kulit berminyak, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid untuk membuka sumbatan pori.

2. Coba gunakan produk yang mengandung herba alami, seperti chamomile dan aloe vera, yang berfungsi sebagai anti-iritasi.

3. Hindari menggunakan penyegar wajah yang mengandung alkohol, karena sangat reaktif terhadap kulit sensitif. Sebaiknya pilih penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel.

4. Pilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside, karena dapat mencegah iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

5. Bersihkan make up dengan pembersih lembut yang tidak mengandung sabun (soap free) dan lembut (mild).

6. Bila kulit sedang iritasi, saat membersihkan wajah gunakan air dan make up remover wipes berbentuk tisu. Hindari waslap karena terlalu keras. Jangan gunakan air dingin atau air hangat karena suhu ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat. Gunakan air bersuhu normal.

Sebelumnya saya minta maaf bila sebutkan produk.

1 comments:

  1. Kulit sensitif perlu dijaga dengan cara yang agak teliti berbanding kulit normal.

    ReplyDelete

cara merawat wajah