• home
Home » » Cara Merawat Wajah: Masker Mentimun Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Cara Merawat Wajah: Masker Mentimun Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Cara Merawat Wajah: Masker Mentimun Untuk Kecantikan Kulit Wajah - Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membuat masker kecantikan adalah mentimun, yang mana biasanya sering dimakan langsung sebagai buah atau dijadikan sayuran pelengkap masakan bersambal.

Meskipun sangat mudah ditemukan di pasaran dan harganya relatif murah akan tetapi anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari buah atau sayur timun.

Kandungan Mentimun 

Sebelum mengurai manfaat masker mentimun untuk wajah, berikut akan diuraikan beberapa senyawa yang terkandung di dalam buah mentimun. Pada umumnya, mentimun terdiri dari 90% air. Hal inilah yang menjadikan mentimun sering dijadikan makanan penyegar tubuh. Mentimun mengandung beberapa mineral penting dan juga berbagai vitamin antara lain A, B2, dan C. Ketiga vitamin ini dikenal bisa melemahkan melanin gelap. Sehingga wajar jika kemudian mentimun dikenal ampuh melawan lingkar mata yang gelap.

Ada Beberapa Manfaat Mentimun

Sebagian besar produk perawatan rambut dan kulit dibuat dengan menggunakan mentimun sebagai salah satu bahan utamanya. Buah ketimun mentah juga banyak digunakan di banyak salon kecantikan dalam proses facial , yang bertujuan untuk mengurangi keriput dan bengkak di sekitar mata. Berikut beberapa manfaat utama mentimun bagi kulit :

1 . Manfaat terbesar dan paling penting mentimun bagi kulit adalah revitalisasi. Masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
2 . Mengandung  properti pemutih ringan yang dapat membalikkan tanning kulit, sehingga mendapatkan kulit muda dan bersinar .
3 . Jika Anda khawatir tentang kantung mata, maka mentimun bisa membantu Anda. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun bisa membantu nmengurangi pembengkakan di sekitar mata.
4 . Mentimun yang diiris atau dihaluskan yang di terapkan pada kulit akan membantu masalah kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. Hal ini merupakan cara alami dan lembut untuk mengobati luka bakar akibat matahari .
5 . Penggunaan paling umum lainnya adalah untuk meningkatkan peremajaan kulit. Tambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus lemon, dan menggunakannya sebagai masker wajah. Hal ini akan memperbaiki kulit dan akan menambah kecerahan.
6 . Mentimun juga bisa Anda gunakan untuk mengobati pori-pori terbuka. Ekstrak sayuran ini dan gunakan sebagai toner. Anda juga bisa mencampurnya dengan cuka sari apel, bubur tomat dan gel Aloe Vera gel agar bisa menjadi lebih efektif.
7 . Mentimun juga bisa membantu untuk membuang selulit padapaha. Campurkan beberapa sendok kopi bubuk ,  jus mentimun dan madu untuk membuat pasta tebal. Terapkan ini pada daerah yang terkena selulit, bungkus dengan kain muslin dan kelupas secara perlahan setelah 30 menit. Makan sayuran ini dalam keadaan segar juga dapat mengobati selulit .
8 . Mentimun mengandung 95 % air yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lembab. Bijinya yang juga kaya akan vitamin E dan potasium akan membantu  mengurangi garis halus, keriput, noda hitam dan tanda-tanda penuaan.
9 . Menempatkan irisan mentimun pada mata juga bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam dengan cepat. Banyaknya kandungan antioksidan dan silika dalambuah ini dapat meremajakan kulit dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Tempatkan 2 iris mentimun pada mata dan biarkan selama 20 menit,  atau Anda juga bisa berendam 2 bola kapas kedalam jus mentimun dan menempatkannya pada mata Anda.
10 . Anda juga dapat menggunakan mentimun yang diparut parut untuk mengobati bintik-bintik dan noda hitam. Terapkan jus mentimun seluruh wajah untuk mengobati bintik-bintik wajah. Mentimun akan memberikan banyak keuntungan bila digunakan sebagai masker wajah. Parutan mentimun atau  jus mentimun dapat digunakan sebagai unsur utama masker wajah untuk mengobati keriput, jerawat dan masalah kulit lainnya .

Cara membuat masker mentimun 

Cara Pertama
  1. Blender mentimun yang telah diiris sampai lembek. Saring mentimun blender tersebut dan kumpulkan cairannya dalam mangkuk.
  2. Tambahkan 1 sdt. perasan lemon yang juga memiliki efek lembut pada kulit.
  3. Tambahkan 1 butir putih telur yang sudah dikocok dan aduk bahan hingga merata.
  4. Oleskan campuran ke wajah dan leher, kecuali mata. Biarkan selama 15 sampai 25 menit dan bilas dengan air hangat.
Cara Kedua

  1. Campur ½ mentimun yang telah dipotong dengan 1 sdt. mint, 1 sdm. jus lemon, dan 1 butir putih telur.
  2. Blender semua bahan hingga halus kemudian dinginkan dalam lemari es selama 10 menit.
  3. Oleskan ke wajah dan leher dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dilanjutkan dengan air dingin.
Demikian lah cara membuat masker mentimun semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

cara merawat wajah