• home
Home » » Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Daun Sirih

Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Daun Sirih

Cara Merawat Wajah: Cara Alami Merawat Wajah Dengan Daun Sirih - Ternyata banyak sekali, diantaranya bisa digunakan untuk perawatan kecantikan wajah. Bagi wanita kecantikan wajah sangatlah penting untuk dijaga. Timbulnya jerawat kadang menyisakan bekas seperti noda hitam yang sulit dihilangkan. Tidak hanya itu, bagi wanita dewasa flek hitam menjadi masalah utamawajah yang sangat mengkhawatirkan. Karena sebagian besar wanita mengidamkan wajah halus, bersih, putih dan cerah. Tak heran banyak wanita yang melakukan berbagai perawatan kecantikan dengan biaya yang tidak sedikit. Cara tradisionalpun dilakukan khusus untuk menghaluskan kulit. Seperti menggunakan masker alami dari buah-buahan semisal bengkuang, timun, dan tomat untuk membantu menghaluskan kulit. Namun, belum banyak yang mengetahui daun sirih yang terkenal berkhasiat untuk kesehatan, memiliki kandungan flovanoid atau antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu menghaluskan kulit wajah.
Di Indonesia terdapat dua jenis sirih, yaitu sirih hijau dan sirih merah. Kedua jenis sirih tersebut sama-sama memiliki kandungan flovanoid atau antioksidan, keduanya merupakan salah satu kandungan utama dalam membantu proses menghaluskan kulit. Kulit yang mengalami regenerasi akan mengangkat sel-sel mati dan beregenerasi sehingga menjadi sel kulit yang baru.

kandungan daun sirih untuk merawat wajah

Para ahli pengobatan tradisional telah banyak menggunakan tanaman sirih merah oleh karena mempunyai kandungan kimia yang penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Dari buku ”A review of natural product and plants as potensial antidiabetic” dilaporkan bahwa senyawa alko-koloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.

Kandungan kimia lainnya yang terdapat di daun sirih merah adalah minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada. Karena banyaknya kandungan zat/ senyawa kimia bermanfaat inilah, daun sirih merah memiliki manfaat yang sangat luas sebagai bahan obat.Eugenol dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, sedangkan tanin dapat digunakan untuk mengobati sakit perut.

Manfaat daun sirih untuk merawat wajah 

1. Dapat menghaluskan kulit wajah yang kasar

Dengan melakukan perawatan wajah secara teratur dengan daun sirih, dipercaya dapat membantu mengatasi masalah kulit kasar. Caranya, pertama-tama siapkan 5 lembar daun sirih yang masih segar, lalu tumbuk sampai halus dan tambahkan 1 sendok teh madu alami. Setelah itu oleskan keseluruh kulit wajah dan leher lalu diamkan selama 15 menit, kemudian basuh dengan air hangat. Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali dan lihat hasilnya selama 1 bulan, kulit wajah akan terlihat lebih halus dan bersinar.

2. Dapat mencegah dan menghilangkan jerawat

Caranya: siapkan daun sirih yang masih segar sebanyak 10 lembar, setelah itu godok dengan 1 liter air dan 2 sendok garam dapur kemudian godok sampai mendidih. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai panasnya cukup dan jangan terlalu dingin, lalu basuhkan pada wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini setiap malam sebelum tidur, setelah beberapa hari jerawat pun akan kempes dan mongering.

3. Dapat mengatasi kuli berminyak

Dengan rutin membasuh muka dengan menggunakan godokan daun sirih, dipercaya dapat mengurangi kadar minyak pada kulit wajah. Cara ini terbukti ampuh dalam mengatasi kulit berminyak. Caranya : godok 10 lembar daun sirih yang masih muda dengan 1 liter air sampai mendidih. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai air godokan daun sirih tersebut hangat, kemudian basuhkan ke seluruh kulit wajah. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu.

4. Mencerahkan kulit wajah yang kusam

Untuk mengatasi masalah kulit wajah yang kusam, caranya sama seperti cara mengatasi kulit berminyak. Secara tidak langsung selama beberapa minggu kulit wajah pun akan terlihat lebih bersih dan bersinar. Asalkan dalam cara pemakaiannya teratur dan tidak berlebihan, jika digunakan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping.

Demikianlah kandungan daun sirih dan manfaatnya semoga bermanfaat.

6 comments:

cara merawat wajah